Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh

Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh – Rokok pada zaman ini menjadi hal yang tida bisa lepas dari manusia. Kemanapun anda pergi pasti berjumpa dengan orang yang merokok. Udara yang ada di dunia ini di katakan sudah tidak sehat lagi ketika mendengar orang-orang yang cenderung asik menghisap rokoknya.

Bukan hanya berdampak pada udara dikatakan tidak sehat, namun manusia juga akan terkena dampaknya. Baik si perokok maupun orang di sekitarnya. Nah oleh karena itu dalam artikel ini saya akan menjelaskan mengenai beberapa dampak buruk dari rokok.

Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh Manusia Yang Harus Anda Ketahui

Orang yang sering membeli rokok tentunya mengetahui secara jelas dengan adanya pencantuman bahaya rokok bagi kesehatan. Hal ini diatur oleh Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No. 28 Tahun 2013 yang menekankan semua perusahaan rokok harus menerapkan pada bungkus rokok dengan tulisan dan gambar dampak buruk dari rokok.

Tentunya anda sudah melihat sangat jelas dalam bungkus rokok terdapat tulisan “Merokok Dapat Menyebabkan Kanker, Serangan Jantung, Impotensi, dan gangguan kehamilan dan Janin”. Hal tersebut sangatlah fakta dan bukan isapan jempol belaka. Mungkin dari sekian juta perokok aktif tidak memperdulikan hal tersebut karena cenderung kecanduan.

  • Menyebabkan Kanker

Kanker merupakan suatu penyakit yang di akibatkan oleh adanya pengaruh sel yang abnormal dalam tubuh. Sel tersebut dinamakan sel kanker yang dapat menyerang beberapa sel aktif didalam tubuh. Adapun timbulnya sel kanker ini di sebakan oleh beberapa faktor termasuk asap rokok.

Asap rokok berpengaruh besar dan ikut andil secara besar dalam pertumbuhan sel kanker. Kandungan racun-racun dalam rokok memang di yakini penyebab percepatan tumbuhnya sel tersebut. Seorang perokok aktif maupun pasif kemungkinan besar akan mengalami kanker paru-paru di Usia Senja.

Rumah Sakit di Seluruh Indonesia sendiri banyak sekali menampung orang-orang yang mengalami penyakit kanker di karenakan asap rokok.

  • Menyebabkan Serangan Jantung

Selain menimbulkan kanker, zat racun dalam rokok juga dapat menyebabkan serangan jantung secara mendadak. Zat racun dari rokok ternyata dapat memicu buruknya darah. Selain itu juga rokok dapat menyebabkan detak jantung menjadi tidak normal.

Oleh karena itu seorang perokok aktif tidak di perbolehkan untuk mendonorkan darahnya, karena sudah jelas darah yang dihasilkannya tidak sehat. Darah ini akan terus mengalir dari jantung ke seluruh tubuh dan kebalikannya. Jika darah kotor ini terus menerus ada dalam tubuh anda maka bukan tidak mungkin serangan jantung mendadak akan menimpa anda.

  • Impotensi

Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh selanjutnya adalah impotensi. Apa itu impotensi? dalam kata lainnya disebut dengan disfungsi ereksi. Suatu masalah dimana penis tidak mampu ereksi atau tegang dalam kondisi apapun. Masalah ini merupakan masalah yang sangat serius karena berhubungan dengan keharmonisan rumah tangga anda

Impotensi jelas sangatlah mengganggu kehidupan keseharian. Masalah ini sangatlah perlu penangan lebih lanjut. Ada baiknya anda harus menghentikan aktifitas dalam merokok anda.

  • Gangguan Kehamilan

Gangguan Kehamilan, hal ini akan di alami seorang wanita yang sering merokok atau sering menghirup asap rokok orang di sekitar. 

Seorang peneliti dari Rumah Sakit Providence menyatakan bahwa aktifitas seorang wanita yang merokok dapat menyebabkan lahirnya bayi dalam kondisi sangat buruk. Kondisi buruk ini bisa diartikan bayi dalam keadaan prematur ataupun meninggal sebelum lahir. Alangkah ruginya jika anda sering merokok dalam keadaan hamil.

Perlu Anda ketahui alasan mengapa rokok ini sangat berbahaya bagi kesehatan karena didalam rokok terdapat beberapa kandungan berbahaya diantaranya sianida, nikotin, karbon mooksida dan beberapa zat kimia berbahaya lainnya.

Kandungan Zat Berbahaya Didalam Rokok

  • Sianida

sianida adalah zat yang sangat berbahaya dan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Zat ini akan menyerang pada bagian pembuluh darah dan menghambat oksigen yang mengalir pada jantung. Pada rokok zat sianida menang dalam dosis yang tidak tinggi, namun ketika anda terus menerus menghisapnya maka seiring berjalannya waktu anda akan keracunan.

  • Nikotin

Rokok sudah tidak bisa lagi di pisahkan dari nikotin. Zat kimia organik ini merupakan zat yang di hasilkan dalam tembakau. Meskipun dalam tembakau yang pada dasarnya adalah tumbuhan, namun sangat berbahaya. Nikotin sama dengan racun yang berpotensial menimbulkan sel kanker.

Perlu anda ketahui bahwa nikotin merupakan kenikmatan bagi para pecandu rokok. Namun di balik kenikmatan itu akan menghasilkan keburukan yang berakibat kematian.

  • Zat arsenik

Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh karena adanya zat arsenik. Zat ini yang akan menimbulkan kanker, merusak pembuluh darah dan juga jantung. Zat arsenik adalah zat yang mempengaruhi zat lainnya dan memperburuk keadaan.

  • Karbon Monoksida

Karbon monoksida dalah sebuah zat yang tidak berbau, berwarna dan tidak memiliki rasa. Lalu benarkah zat tersebut sangat berbahaya? sudah jelas karbon monoksida yang terhirup akan menyebkan kualitas sel darah merah menurun.

  • Kromium

Kromium merupakan pengawet yang sering di pakai dalam pengawetan kayu, pelapis logam, atau dua-duanya. Zat Kromium ini berhubungan dengan paru-paru. Nah yang menyebabkan seseorang mengalami gangguan pernapasan adalah karena kromum ini.

  • Akrolein

Akrolein merupakan suatu senyawa yang sering digunakan dalam cairan pembunuh hama tanaman. Senyawa jenis ini sangatlah beracun dan dapat menyebabkan iritasi pada mata.

  • Benzopyrene

Benzopyrene merupakan suatu zat yang amat sangat berbahaya dan mengakibatkan sel tubuh berkembang tidak terkendali. Hal ini berhubungan dengan sel kanker.

Apakah Rokok Elektrik Tida Bebahaya Bagi Kesehatan?

Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh – Di zaman yang serba modern ini jelas teknologi sangatlah melaju pesat. Nah apakah Rokok elektrik tidak berbahaya dan dapat anda hisap dengan bebas? Sebelumnya anda harus tahu bahwa rokok elektrik di ciptakan hanya untuk mempermudah, memperenak cita rasa, dan menghemat pengeluaran uang. Pada dasarnya memang rokok elektrik tidak menimbulkan asap yang beracun sangat tinggi, namun bukan berarti rokok elektrik ini tidak berbahaya bagi kesehatan.

Menghisap rokok elektrik memang mengurangi resiko terkena penyakit dibandingkan menghisap rokok tembakau. Adapun efek sampingnya jika anda terus menerus menggunakan rokok elektrik adalah paru-paru bisa terinfeksi.

Apa Kesimpulan dari Pokok Bahasan Mengenai Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh Ini?

Dalam hal ini kita ambil kesimpulannya adalah jagalah kesehatan dan jauhi rokok yang bisa mematikan anda secara perlahan. Penggunaan rokok tembakau ataupun elektrik juga bisa berisiko sangatlah tinggi menimbulkan penyakit.

Apa Solusinya? Hindari rokok dan berolahraga dengan baik agar paru-paru, jantung dan tubuh anda pulih kembali. Lakukan mulai dari sekarang tidak ada akata terlambat untuk memperbaiki kondisi tubuh anda.


Sekian yang dapat saya sampaikan mengenai bahasan Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh. Semoga bermanfaat bagi anda. Jangan Lupa Share 🙂

Baca Juga : Penyakit kulit Kadas Kurap Kudis dan Cara mengatasinya

KLIK Chat/Order WA
1
Assalamualaikum, ada yang bisa dibantu?
CS Aladin Herbal
Assalamualaikum, ada yang bisa dibantu?