Cara Merawat Luka Operasi Agar Cepat Kering

Prosedur menjahit luka adalah cara paling umum untuk menutup luka sekaligus menyatukan kembali jaringan kulit yang terbuka lebar akibat suatu kondisi. Setelah dijahit, diperlukan waktu beberapa hari atau minggu hingga luka bisa menutup dengan sempurna. Namun, selama proses ini pula, luka sangat rentan mengalami masalah jika tidak dirawat dengan benar.

Cara Merawat Luka Operasi Agar Cepat Kering dan Tidak Infeksi

Luka jahitan perlu mendapatkan perawatan khusus. Jika tidak, luka jahitan tidak bisa menutup dengan sempurna dan bisa menimbulkan infeksi. Bahkan, infeksi tersebut bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya dan menyebabkan komplikasi serius.

Nah, berikut adalah cara merawat luka bekas operasi agar cepat kering dan tidak menimbulkan infeksi. Antara lain :

• Cuci tangan

Sebelum menyentuh atau merawat luka jahitan, anda harus mencucui tangan terlebih dulu. Tujuannya untuk mencegah perpindahan bakteri dari tangan ke luka jahitan yang bisa memicu infeksi. Cuci tangan anda dengan menggunakan sabun dan air mengalir setidaknya selama 20 detik, lalu keringkan dengan janduk bersih.

• Lepas perban

Untuk melepas perban yang membalut luka jahitan tentu tidak sembarangan. Sebab, proses melepas perban harus dilakukan secara perlahan-lahan agar tidak menimbulkan sakit dan mencegah terbukanya kembali luka jahitan.

Selain itu, anda dianjurkan tidak mengganti perban sebelum 24 jam. Jika luka Anda baru, biarkan perban yang dipasang dokter hingga 24 jam. Setelah itu, Anda bisa secara teratur membersihkan luka jahitan sesuai langkah di atas.

• Bersihkan luka jahitan

Membersihkan luka jahitan tidak perlu menggunakan sabun antibakteri. Anda cukup menggunakan sabun biasa dan air mengalir. Dan, ketika membersihkannya, cukup mengusap luka dengan lembut hingga bersih. Mengusap atau menggosok luka terlalu keras dikhawatirkan adapat membuka jahitannya.

Setelah itu, keringkan luka dengan menggunakan handuk atau biarkan luka kering sendiri. Pastikan luka benar-benar kering atau tidak lembap sebelum melanjutkan ke tahap selanjutnya.

• Oleskan salep antibiotik

Usai menjalankan operasi, umumnya pasien akan diberikan salep antibiotik yang beguna untuk mencegah infeksi di luka jahitan.

• Tutup kembali dengan perban

jika sudah selesai dibersihkan, segera tutup luka jahitan dengan perban untuk mencegah bakteri dan kuman menempel pada luka. Pastikan perban menutupi seluruh luka jahitan hingga kurang lebih 1,5 cm di luar area luka. Setelah itu, tutupi keempat sisi perban dengan plester.

Apabila luka mengeluarkan cairan, seperti nanah atau darah, Anda mungkin membutuhkan beberapa lapis perban agar cairan tersebut tidak merembes keluar.

Setelah luka telah tertutup, buang semua bekas perban di tempat sampah. Jika perban berdarah, Anda bisa membungkusnya dengan plastik terlebih dahulu. Setelah itu, jangan lupa cuci tangan Anda kembali.

Selain beberapa cara diatas, ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan dalam merawat luka jahitan. Diantaranya :

  • Hindari melakukan aktivitas yang dapat menyebabkan luka atau perban basah dan kotor
  • Hindarkan luka jahitan dari paparan sinar matahari
  • Hindari aktivitas berat untuk sementara waktu

Setelah luka jahitan kering, anda dapat mengunjungi dokter untuk melepas jahitannya. Meski melepas jahitan biasanya tidak sakit, jangan sekali-kali mencoba melepaskannya sendiri karena hal tersebut mungkin saja bisa menimbulkan infeksi. Nah, untuk referensi proses penyembuhan luka jahitan pasca operasi anda bisa mengkonsumsi herbal yang dibawah ini.

Rp 180.000 / Botol
Isi 100 Kapsul

Herbal yang satu ini dijamin bisa membantu mempercepat proses penyebuhan luka pasca operasi, dan satu lagi AMAN UNTUK DI KONSUMSI DALAM JANGKA WAKTU PANJANG. Jika anda berminat segera isi formulir dengan lengkap dibawah ini.




    Albucare Kapsul merupakan Produk herbal yang berbahan dasar utama yakni ikan gabus.Seperti diketahui, ikan gabus mengandung albumin yang merupakan salah satu jenis protein yang berperan penting dalam proses menyatukan jaringan yang terputus akibat luka. Selain itu, ikan gabus juga mempunyai kandungan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

    Dalam satu ekor ikan gabus terdapat protein 79,5 %, albumin 30,5 %, mineral 5,95 % , dan kadar air 2,84 %. Karena banyaknya kandungan albumin inilah yang dibutuhkan tubuh untuk mempercepat luka jahitan mongering dan juga membantu penyembuhan bengkak pada luka.

    Keunggulan dari Albucare di bandingkan dengan produk lain ialah memiliki kandungan 100% Bahan Alami dan juga di proses dengan Teknologi Nano yang akan meningkatkan Khasiatnya 5 x lipat LEBIH EFEKTIF

    Untuk keamanannya tidak perlu anda ragukan lagi karena sudah di lengkapi dengan Legalitas BPOM RI dengan No regis POM TR 193332791 dan Halal MUI.

    Ayo Segera Konsumsi Albucare Sekarang Juga !!

    KLIK Chat/Order WA
    1
    Assalamualaikum, ada yang bisa dibantu?
    CS Aladin Herbal
    Assalamualaikum, ada yang bisa dibantu?