Tahan Napas 10 Detik Bisa Tes Gejala Corona Covid-19

Berbagai informasi seputar corona covid-19 terus bermunculan di media sosial. Entah itu yang sudah terbukti maupun hanya sekedar hoax. Salah satu yang cukup menyita perhatian ialah menyebarnya pesan digrop-grop Whatsapp dalam format gambar yang menyebut tes virus corona covid-19 bisa dilakukan dalam waktu singkat tanpa perlu ke laboratorium.

Pesan gambar tersebut berisikan saran dari dokter di Jepang yang menyebut terlalu lama jika menunggu hasil tes dari laboratorium. Dengan menahan napas selama 10 detik, anda sudah bisa mengetahui terkan virus Corona Covid-19 atau tidak.

Berdasarkan gambar diatas, jika bisa menahan napas 10 detik tanpa masalah, tandanya Anda dalam keadaan sehat. Namun jika dada terasa sakit atau Anda mengalami kecemasan, tandanya ada infeksi di bagian paru-paru. Dalam pesan tersebut juga dikatakan minum air adalah cara pencegahan utama virus Corona Covid-19. Sebab virus yang menempel di tenggorokan bisa terdorong ke perut dan mati oleh asam lambung jika sering minum.

Tidak hanya pesan versi bahasa inggris. Beredar pula sebuah screenshoot terkait tes virus corona dengan tahan napas versi bahasa indonesia.

Lantas benarkah tahan napas 10 detik bisa tes gejala corona Covid-19?

Dari penelusuran Turnbackhoax.id, tertanggal 3 Maret 2020, diketahui bahwa kabar ini tidak benar. Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Daeng M Faqih.

Iya (tidak benar), tidak ada dasar,” kata Faqih.

Hingga saat ini, tes deteksi virus Corona hanya bisa dilakukan dengan dua cara, melalui swab tenggorokan dan tes PCR yang sudah diakreditasi oleh WHO.

Sementara itu laman politifact.com mengatakan pesan ini sudah beredar sejak beberapa pekan lalu di jejaring sosial Facebook. Facebook sudah mengategorikan kabar ini sebagai hoaks alias berita palsu.

Kabar ini sudah beredar luas, namun sayangnya tidak benar. Hingga saat ini tidak ada cara lain untuk mengetes virus Corona Covid-19 selain tes di laboratorium,” tutur Richard Watanabe, profesor kesehatan di University of Southern California.

Kesimpulan

Kabar ini palsu dan tidak benar. Menahan napas selama 10 detik tidak menunjukkan kondisi apapun pada paru-paru.

Satu-satunya cara untuk memastikan Anda terinfeksi virus Corona Covid-19 adalah dengan melakukan pemeriksaan di laboratorium yang terakreditasi WHO.

 

Semoga mulai saat ini kita lebih bijak dalam bertindak atau dalam mempercayai suatu hal yang belum jelas kebenarannya ya sob…

 

KLIK Chat/Order WA
1
Assalamualaikum, ada yang bisa dibantu?
CS Aladin Herbal
Assalamualaikum, ada yang bisa dibantu?