Cara Mencegah Penyebaran Virus Corona

Penyebaran virus corona atau COVID-19 kian meluas diberbagai negara termasuk di Indonesia. Hingga Jum’at (20/3/2020) sore, tercatat sebanyak 32 warga negara Indonesia meninggal akibat virus yang diketahui berasal dari Kota Wuhan, China tersebut.

Dilansir dari peta penyebaran Covid-19, Coronavirus COVID-19 Global Cases by John Hopkins CSSE, jumlah kasus virus corona di seluruh dunia telah mencapai 197.168 kasus dengan korban meninggal sebanyak 7.905 orang.

Dengan demikian, sudah saatnya bagi kita untuk mencegah penyebaran virus corona. Nah, melansir dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) serta World Health Organization (WHO) ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah penyebaran virus corona. Berikut diantaranya :

👉 Jaga kebersihan

Jika hari-hari sebelumnya anda sudah sering menjaga kebersihan, maka saat ini anda harus lebih ekstra dalam menjaga kebersihan dan mendisinfeksi permukaan benda yang sering disentuh. Seperti meja, alat dapur / alat makan, sakelar lampu, gagang pintu, telepon/handphone, keyboard, keran air, toilet dan lain sebagainya.
Pakailah masker dan sarung tangan sekali pakai untuk membersihkan dan mendisinfeksi benda-benda tersebut.
Jika anda sering menggunakan transportasi umum, ada baiknya juga selalu menjaga kebersihan. Seperti menggunakan tisu saat membuka pintu, berpegangan pada besi atau tempat duduk.

👉 Sering mencuci tangan

Selain menjaga kebersihan benda atau barang disekitar, sering mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air atau bahan yang mengandung alkohol juga berperan penting dalam mencegah virus masuk ke dalam tubuh. Hal ini karena virus yang mungkin ada ditangan akan terbunuh.

👉 Hindari menyentuh area mata, hidung dan mulut

Tangan menyentuh banyak permukaan atau benda yang mungkin virus menempel di sana. Saat tangan menyentuh mata, hidung atau mulut, tanpa disadari virus akan berpindah dan masuk ke dalam tubuh.

👉 Lakukan aturan bersin / batuk yang benar

Pastikan kamu dan orang disekitar untuk selalu menutupi mulut serta hidung dengan menggunakan siku tangan bagian dalam ketika batuk atau bersin. Jika anda menggunakan tisu, segera buang tisu bekasnya agar virus tidak menyebar.

👉 Kenali gejala-gejala penyebaran virus didalam tubuh

Penting bagi anda untuk mengetahui tanda atau gejala saat tubuh mulai terjangkit virus. Gejala yang perlu diwaspadai diantaranya demam, batuk hingga gangguan pernapasan.
Jika anda mengalami gejala-gejala diatas, segera lakukan pemeriksaan atau cari bantuan medis serta ikuti arahan otoritas kesehatan setempat.

Itulah beberapa cara mencegah penularan virus corona. INGAT! Mencegah lebih baik daripada mengobati. Selamat mencoba…

Baca juga : Bahan Alami Penangkal Virus Corona

KLIK Chat/Order WA
1
Assalamualaikum, ada yang bisa dibantu?
CS Aladin Herbal
Assalamualaikum, ada yang bisa dibantu?