Ragam Keluhan yang Paling Sering Dialami Ibu Hamil dan Solusinya

Keluhan Ibu Hamil – Kehamilan sudah pasti menjadi momen paling membahagiakan sekaligus dinanti oleh setiap wanita. Namun, tidak sedikit dari mereka yang mengalami masalah dan keluhan selama 9 bulan mengandung. Mulai dari mual dan muntah, pusing hingga perubahan fisik. Lantas, wajarkah keluhan-keluhan tersebut? Bagaimana cara mengatasinya?

Keluhan yang paling sering dialami ibu hamil

Berikut ini adalah beberapa keluhan yang paling sering dialami ibu hamil beserta penyebab dan cara mengatasinya. Antara lain :

  1. Mual dan muntah
    Keluhan yang paling sering dialami ibu hamil yang pertama ialah mual dan muntah. Mual dan muntah saat masa kehamilan atau biasa disebut morning sickness terjadi karena fluktuasi hormon. Keluhan ini umumnya akan dimulai saat minggu pertama kehamilan dan akan mereda dengan sendirinya setelah minggu ke-12 kehamilan. Namun pada beberapa kasus, ada bumil yang mengalami mual dan muntah hingga menjelang kelahiran atau bahkan tidak mengalami keluhan ini sama sekali.
    Bagaimana cara mengatasinya?
    Konsumsi camilan sehat dan makan dalam porsi kecil sepanjang hari. Jangan pula membiarkan perut kosong karena bisa memicu rasa mual. Perbanyak konsumsi vitamin b6 dan jahe untuk mengurangi rasa mual yang tidak nyaman.
  2. Sakit kepala
    Perubahan hormon ibu hamil menyebabkan pembuluh darah mengalami fluktuasi, terutama pada trimester pertama dan kedua. Pada fase ini, ibu hamil sangat rentan mengalami sakit kepala, stres dan mudah lapar.
    Bagaimana cara mengatasinya?
    Dalam masa kehamilan, ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi obat pereda nyeri secara sembarangan. Sebagai solusinya, ibu hamil bisa melakukan kompres hangat di bagian mata dan hidung apabila ada masalah dengan sinus. Jika ada masalah dengan ketegangan saraf atau otot, berikan kompres dingin di pangkal leher. Tak lupa, minum banyak air putih untuk mencegah dehidrasi.
  3. Kram perut
    Kram perut saat hamil dirasakan kapan saja selama kehamilan, bisa pada trimester pertama, kedua atau ketiga. Keluhan ini terjadi karena kondisi rahim yang terus meregang selama kehamilan. Bahkan, kram bisa menyebar pada bagian pinggul atau pangkal paha.
    Bagaimana cara mengatasinya?
    Saat merasa kram perut, hal pertama yang harus dilakukan adalah beristirahat. Ibu hamil juga bisa mencoba beberapa hal seperti berbaring pada sisi berlawan dari tempat rasa sakit dengan posisi kaki diluruskan, mandi air hangat, kompres hangat bagian perut yang keram, cobalah rileks dan tenang, dan banyak minum air putih.
  4. Sembelit
    Sembelit atau konstipasi menjadi salah satu keluhan yang paling sering dialami ibu hamil. Hal ini terjadi karena meningkatnya hormon progesteron dalam tubuh yang membuat sistem pencernaan bekerja lebih lambat. Selain itu, konsumsi vitamin kehamilan yang mengandung zat besi juga membuat fases menjadi lebih padat.
    Bagaimana cara mengatasinya?
    Konsumsi buah dan sayur tinggi serat. Selain itu, berolahraga secara teratur dan minum air 8 gelas per hari untuk membantu kinerja sistem cerna.
  5. Sakit punggung
    Mengutip dari pregnancy birth baby, kehamilan membuat ligamen yang menghubungkan antara tulang menjadi lebih lunak dan meregang untuk mempersiapkan persalinan. Berat badan bayi yang meningkat juga akan memberatkan punggung dan panggul sehinngga keluhan sakit punggung sering dirasakan ibu hamil.
    Bagaimana cara mengatasinya?
    Biasakan tubuh dalam postur yang tepat (bahu tegak, panggul masuk). Emudian saat harus mengangkat beban berat, pastikan jongkong dari lutut, bukan hanya membungkukkan badan.
    Melakukan yoga secara berkala juga dapat membantu ibu hamil mengatasi nyeri punggung. Saat beristirahat, tidurlah dengan posisi menyamping dengan disokongkan bantal secukupnya.
  6. Sering buang air kecil
    Keluhan sering buang air kecil biasanya terjadi saat ibu hamil muda, di sekitar usia 12-14 minggu pertama kehamilan. Setelah itu, biasanya frekuensi buang air kecil ibu hamil akan kembali normal. Selanjutnya, pada akhir masa kehamilan, frekuensi buang air kecil yang levih sering dapat dialami lagi oleh ibu hamil. Hal ini disebabkan oleh kepala bayi yang menekan kandung kemih.
  7. Tangan dan kaki bengkak
    Keluhan yang paling sering dialami ibu hamil yang selanjutnya ialah tangan dan kaki yang mengalami pembengkakkan, termasuk jari-jarinya. Hal ini disebabkan karena peningkatan cairan tubuh saat sedang hamil.
    Meski normal, namun tangan dan kaki bengkak selama hamil juga bisa menjadi tanda komplikasi kehamilan seperti preeklampsia. Sehingga tetap perlu diwaspadai.
    Bagaimana cara mengatasinya?
    Untuk mencegah dan mengatasi pembengkakan saat hamil, anda bisa mencoba melakukan beberapa hal. Seperti hindari berdiri dalam waktu lama, batasi asupakan makanan yang mengandung garam dan olahraga rutin (jalan kaki atau berenang).

Itulah beberapa keluhan yang paling sering dialami ibu hamil. Apapun itu keluhannya, semuanya berlangsung sementara dan akan kembali normal setelah anda melahirkan. Dan, bisa jadi keluhan-keluhan tersebut hanya bagian kecil menuju peran baru sebagai seorang ibu.

KLIK Chat/Order WA
1
Assalamualaikum, ada yang bisa dibantu?
Assalamualaikum, ada yang bisa dibantu?