Penyebab Susah Buang Air Kecil Usai Melahirkan

Normalnya, wanita akan buang air kecil setelah 6 sampai 8 jam usai melahirkan. Hal ini untuk menghindari infeksi pada saluran kemih, hilangnya kelenturan otot di kandung kemih akibat terlalu penuh, dan perdarahan. Sayangnya, ada kasus dimana ibu susah buang air kecil setelah melahirkan. Bahkan, ada ibu yang sama sekali tidak bisa merasakan desakan untuk buang air kecil usai melahirkan.

Penyebab Susah Buang Air Kecil Usai Melahirkan

Susah buang air kecil tentu bisa menimbulkan ketidaknyamanan bagi siapa pun, termasuk ibu usai melahirkan. Nah, berikut adalah beberapa faktor penyebab ibu susah buang air kecil usia melahirkan. Antara lain :

1. Peningkatan kandung kemih

Kapatis kandung kemih bisa meningkatkan karena tiba-tiba memiliki lebih banyak ruang sehingga desakan untuk buang air kecil kian berkurang dibandingkan dengan ketika masih hamil.

2. Trauma

Tekanan saat janin akan keluar dari rahim dapat membuat kandung kemih mengalami trauma. Trauma pada kandung kemih dan saluran kencing saat melahirkan bisa meningkatkan peradangan (inflamasi), luka (iritas) maupun edema (bengkak).

Selain itu, hal ini juga bisa dikarenakan kandung kemih masih mengalami kebas / mati rasa untuk sementara usai dibius.

3. Hipotonia

Hipitonia atau tonus otot yang menurun pada otot kandung kemih sehingga menyebabkan otot tetap dalam kondisi rileks dan tidak berkontraksi akibat pengaruh hormonal ataupun anestesi epidural saat persalinan. Obat-obatan atau esestsi yang diberikan untuk mengurangi rasa sakit saat melahirkan terkadang justru dapat berdampak pada menurunnya kepekaan otot kandung kemih, walaupun kandung kemih sebenarnya telah memberikan sinyal untuk buang air kecil.

4. Nyeri

Rasa nyeri di sekitar perineum juga bisa mengakibatkan saluran kemih mengalami kejang sehingga sulit untuk buang air kecil.

5. Infeksi pada saluran kemih

Infeksi pada saluran kemih (isk) memang rentang terjadi pada ibu usia menjalani persalinan normal.

6. Faktor psikologis

Sejumlah faktor psikologis juga bisa menjadi penyebab susah buang air kecil usai melahirkan. Misalnya takut merasa sakit atau nyeri saat buang air kecil, rasa malu atau tidak nyaman karena harus menggunakan pispot.

Pada dasarnya, susah buang air kecil usai melahirkan adalah kondisi yang normal dan wajar terjadi. Untuk mengatasi masalah ini, umumnya dokter akan memonitor ibu selama 24 jam usia melahirkan. Jika memang ibu susah buang air kecil, biasanya akan diberikan alat bantu untuk melancarkannya atau obat untuk memudahkan buang air kecil pada ibu usai melahirkan.

Nah untuk referensi melancarkan buang air kecil usai melahirkan, anda bisa mengkonsumsi herbal yang dibawah ini.

Herbal yang satu ini bisa membuat tubuh menjadi sehat dan membantu melancarkan buang air kecil anda, dan satu lagi aman untuk di konsumsi oleh ibu hamil dan ibu menyusui. Jika anda berminat segera isi formulir dengan lengkap dibawah ini.

QnC Jelly Gamat Suplemen Herbal ASLI Produk Indonesia, terbuat dari ekstrak teripang emas (Golden Stichopus Variegatus) yang merupakan teripang terunggul diantara 1200 spesies teripang lainnya, diolah dengan menggunakan teknologi yang canggih, dengan metode “natural excating” yang menjaga kealamian dan kehigienisan produk. Berbeda dari jelly gamat lainnya, QnC Jelly Gamat ini selain dari teripang emas, juga bahan dasarnya dipadukan dengan ekstrak buah dan sayur yang membantu menetralisir bau amis dari teripangnya juga mengoptimalkan kandungan dan khasiat QnC tersebut.

Kandungan :

Protein Asam Amino, Protein Lektin, Kolagen, Mukopolisakarida atau Glycosaminoglycan Acid (GAGs), Gamapeptide (hanya ditemukan di teripang emas), Glucosamine dan chondroitin, Saponin, Omega 3, 6 dan 9, Vitamin A, B1 (Thiamine), B2 (Riboflavin) dan B3 (Niacin).

Untuk keamanannya tidak perlu anda ragukan lagi karena sudah di lengkapi dengan Legalitas BPOM RI dengan No regis POM TR 173301471 dan Halal MUI.

Atasi segera susah buang air kecil dengan konsumsi QnC Jelly Gamat Secara Rutin!

KLIK Chat/Order WA
1
Assalamualaikum, ada yang bisa dibantu?
Assalamualaikum, ada yang bisa dibantu?