Cara Mengatasi Saluran ASI Tersumbat

Si Kecil kesulitan akibat saluran ASI bunda tersumbat? Walaupun kondisi ini umum terjadi, tapi ternyata ada beberapa hal yang perlu diketahui ibu menyusui (busui) agar terhindar dari kondisi tersebut.

Penyebab dan Cara Mengatasi Saluran ASI Tersumbat

Saluran ASI tersumbat dapat terjadi jika ASI diproduksi lebih cepat daripada kemampuan bayi untuk menyusu, atau jika ibu terlambat memerah ASI. Akibatnya, ASI menumpuk pada salluran ASI di payudara, sehingga jaringan di sekitar menjadi bengkak, meradang dan menyumbat aliran ASI.

Saluran ASI yang tersumbat biasanya akan disertai dengan gejala lainnya. Seperti payudara tampak kemerahan, muncul benjolan keras yang terasa sakit saat disentuh, terasa bengkak dan panas.

Cara Mengatasi Penyumbatan Saluran ASI

Umumnya, gejala akan berkurang setelah menyusui. Pasalnya, isapan mulut bayi akan membantu kembali melancarkan saluran yang tersumbat. Namun, jika cara tersebut belum berhasil, bunda bisa mencoba beberapa cara di bawah ini:

  1. Memompa ASI
    Meski memompa ASI terasa berat atau menyakitkan, namun sebaiknya tetap diupayakan. Jangan menunggu lama hingga payudara terasa lebih sakit.
  2. Mencukupi kebutuhan cairan
    Mengkonsumsi lebih banyak air putih dapat membantu memperlancar aliran ASI. Jika biasanya orang dewasa butuh 9 gelas per hari, busui perlu setidaknya lebih dari 10 gelas air putih setiap harinya.
  3. Memenuhi kebutuhan waktu tidur
    Sesibuk apapun, bunda perlu cukup istirahat. Jika sulit, bunda dapat mengatur waktu sebaik mungkin, dan meminta bantuan ayah, atau anggota keluarga lain untuk bergantian menjaga si kecil agar bunda dapat istirahat.
  4. Mengompres dan memijat payudara
    Bunda dapat mengompres payudara dengan air hangat. selain itu, mandi air hangat justru dapat membantu. Begitupun dengan pijatan payudara yang dapat bunda lakukan untuk mengurangi sumbatan. selain itu, hindari mengenakan bra atau atasan yang terlalu ketat dan menakan payudara. Lepas bra sesekali, terutama saat tidur.
  5. Memperhatikan pelekatan bayi saat menyusui
    Tak jarang saluran ASI tersumbat akibat bunda salah dalam pelekatan menyusui si kecil, jangan malu untuk meminta bantuan teman ataupun konselor laktasi untuk membetulkan posisi menyusui.
  6. Melakukan variasi posisi menyusui
    Jika bunda menyusui dalam posisi duduk, coba untuk menyusui si kecil dalam posisi tidur. Pasalnya, banyak ibu yang menceritakan bahwa memposisikan dagu bayi tepat pada bagian bayudara yang sakit dapat cepat membantu melancarkan penyumbatan.
  7. Menghindari stres
    Disamping kebahagian karena telah lahirnya si kecil, namun tidak sedikit dari bunda yang mengalami stres pasca melahirkan. Nah, untuk menghindari stres, bunda bisa dengan melakukan beberapa kegiatasan seperti meditasi, membaca atau olahraga ringan.

Jika saluran ASI masih tetap tidak lancar dan rasa sakit payudara semakin tidak tertahankan, bunda dapat mengkonsumsi obat pereda nyeri yang tentunya aman bagi ibu menyusui. Nah untuk referensi mengatasi saluran ASLI yang tersebumbat anda bisa mengkonsumsi herbal yang dibawah ini.

Rp 155.000 / Botol
Dibawah Harga 155.000 Produk Tersebut Dipastikan Palsu

KELOREENA merupakan herbal terbaru Asli dari Indonesia yang mampu membantu mengatasi dan melancarkan ASI secara alami dan tanpa efek samping. Terbuat dari 100% bahan alamiah terbaik saat ini dan diproduksi dengan Nano Tekhnology berstandar internasional modern, yang menjadikan produknya lebih berkualitas dan lebih berkhasiat. Untuk komposisi atau kandungannya sendiri sebagai berikut:

100% Ekstrak Daun Kelor Asli

Dalam ekstrak daun kelor tersebut terdapat beberapa kandungan seperti dibawah ini.

  • Senyawa acetone
  • Senyawa petroleum ether dan methanol
  • Antioksidan
  • Senyawa flavonoid
  • Vitamin A

Untuk keamanannya tidak perlu anda ragukan lagi karena sudah di lengkapi dengan Legalitas BPOM RI dengan No regis POM TR 193332021 dan Sertifikat Halal MUI.

SPESIAL HARI INI !!

BISA BAYAR DITEMPAT (COD)
100% TRANSAKSI AMAN

Tunggu apalagi ??? Yuk segera diorder dengan klik tombol dibawah ini :

klik order via whatsapp klik via sms klik order via telegram
KLIK Chat/Order WA
1
Assalamualaikum, ada yang bisa dibantu?
Assalamualaikum, ada yang bisa dibantu?