Penyebab dan Cara Mengatasi Pusing Saat Puasa Tanpa Membatalkannya

Pusing menjadi salah satu masalah yang cukup umum saat menjalankan puasa. Penyebab pusing saat puasa kerap kali dikaitakan dengan rasa lapar yang sedang dirasakan. Padahal nyatanya, kelaparan bukanlah penyebab utama munculnya pusing atau sakit kepala.

Penyebab Pusing Saat Puasa dan Cara Mengatasinya

Penyebab sakit kepala saat puasa bisa berbeda-beda setiap orangnya. Ini tergantung pada kondisi fisik serta seberapa parah sakit kepala yang dirasakan. Namun biasanya, beberapa faktor seperti dehidrasi, hipoglikemia hingga perubahan pola tidur menjadi penyebab sakit kepala saat puasa.
Cara mengatasi pusing saat puasa tanpa membatalkannya

Pusing saat puasa tentu terasa sangat mengganggu. Namun, jangan khawatir. Berikut adalah cara meredakan pusing yang aman saat berpuasa tanpa perlu membatalkannya.

1. Pijat ringan

Memijat ringan wajah dan kepala anda bisa membantu meringankan rasa nyeri. Mulailah dengan membuat gerakan melingkar dengan jari, dari kedua tulang pipi anda. Kemudian perlahan geser jari semakin ke atas, yaitu di sisi luar kedua mata anda. Teruskan sampai jari-jari anda bertemu di bagian tengah dahi.

2. Tutup mata dan beristirahat

Menutup mata dan beristirahat adalah perawatan pusing atau sakit kepala yang efektif untuk sakit kepala migrain, dan dapat membantu meredakan sakit kepala tegang juga.

Duduklah di ruangan yang tenang dan gelap dengan mata tertutup dan rileks sebentar.

3. Kompres

Salah satu cara mengatasi pusing saat puasa yang ampuh adalah dengan kompres dingin. Caranya dengan menyiapkan es batu, lalu bungkus dengan kain lembut. Tempelkan kompres dingin tersebut di bagian kepala yang sakit. Kompres dingin ini bisa membantu meredakan peradangan saraf atau pembuluh darah dalam otak.

4. Hindari cahaya yang terlalu silau

Menghindari cahaya yang terlalu silau juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi pusing saat puasa. Cahaya dari komputer atau jendela yang terlalu silau bisa membuat mata lelah sehingga kepala makin sakit. Jadi, hindari dulu cahaya yang terlalu silau. Kamu bisa menutup tirai atau menurunkan pengaturan cahaya di layar komputer atau smartphone.

Selain itu, untuk mencegah munculnya sakit kepala atau pusing saat puasa, penting untuk memilih makanan sahur dan berbuka yang tepat, serta menjalankan pola hidup sehat makan puasa akan lancar.

 

KLIK Chat/Order WA
1
Assalamualaikum, ada yang bisa dibantu?
Assalamualaikum, ada yang bisa dibantu?