Cara Mengatasi Nyeri Punggung Saat Haid

Tak hanya mood swing dan nyeri perut, beberapa wanita juga sering kali merasakan sakit atau nyeri punggung saat haid. Nah, mari kita ketahui penyebab dan cara mengatasinya di sini.

Sebuah penelitian, menemukan 84% responden berusia 18-25 tahun mengalami nyeri haid atau dismenorea. Namun, nyeri juga bisa dirasakan pada bagian tubuh lainnya. Dalam studi yang sama, kurang dari 1/6 dari mereka yang mengeluhkan dismonorea juga merasakan nyeri punggung saat haid.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Nyeri Punggung Saat Haid

Menjelang haid, jaringan pelapis rahim (endometrium) akan memproduksi hormmon prostaglandin sehingga kadarnya meningkat. Hormon ini berperan dalam proses peradangan, penyembuhan serta menyebabkan kontraksi pada rahim untuk mengeluarkan darah dan jaringan dari dalam rahim.

Selain itu, kondisi tersebut juga dapat menjalar pada otot pendukung, yaitu otot punggung, pinggang, panggul hingga paha atas. Akibatnya, bagi beberapa orang akan merasakan keluhan nyeri punggung saat haid.

Bagaimana cara mengatasi nyeri punggung saat haid?

Umumnya setelah beberapa hari fase haid, kadar prostaglandin akan berkurang dan nyeri pun akan membaik. Namun, jika nyeri tak kunjung reda, maka anda bisa mencoba dengan beberapa cara berikut ini. Antara lain :

1. Memijat

Cara mengatasi nyeri punggung saat haid yang pertama yaitu dengan memijatnya. Memijat menjadi cara andalan saat badan merasa pegal. Pijatan secara lembut pada area punggung yang terasa nyeri juga dapat membantu mengurangi rasa sakit yang anda alami.

2. Kompres hangat

Kompres air hangat umumnya efektif untuk keluhan nyeri yang disebabkan oleh otot, seperti nyeri punggung saat haid. Saat anda mulai merasakan nyeri, coba mandi air hangat atau masukan air hangat ke dalam botol lalu tempelkan pada punggung.

3. Istirahat dan relaks

Jika rasa nyeri muncul saat anda bekerja, maka cobalah untuk santai dan istirahat sejenak. Biarkan tubuh mengatasi keluhan secara alami. Cobalah beristirahat dengan posisi berbaring atau setidaknya posisi paling nyaman yang tidak membuat nyeri.

4. Stretching

Tidak hanya saat masa haid, anda juga bisa melakukan stretching ringan sekitar 10 menit setiap pagi sebelum melakukan aktivitas . Kegiatan ini bertujuan supaya otot jadi relaks dan otot tidak tegang. Beberapa olahraga seperti yoga dan berjalan santai juga bisa membantu mengatasi keluhan tersebut.

5. Jaga pola makan

Anda disarankan untuk menghindari alkohol, kafein dan merokok. Pasalnya berbagai bahan tersebut umumnya akan memperburuk keluhan nyeri.

6. Konsumsi obat pereda nyeri

Apabila beberapa cara diatas belum juga berhasil, mengkonsumsi obat pereda nyeri menjadi salah satu cara mengatasi nyeri punggung saat haid. Nah untuk referensi mengatasi nyeri punggung saat haid anda bisa mengkonsumsi herbal yang dibawah ini.

Rp 180.000 / Botol
Dibawah Harga 180.000 Produk Tersebut Dipastikan Palsu

Sehat Wanita merupakan herbal yang diformulasikan secara khusus untuk membantu menjaga, mencegah dan mengatasi berbagai keluhan pada organ kewanitaan. Terbuat dari perpaduan bahan-bahan alamiah terbaik saat ini dan diproduksi dengan Nano Tekhnology berstandar internasional modern, yang menjadikan produknya lebih berkualitas dan lebih berkhasiat. Untuk komposisi atau kandungannya sendiri sebagai berikut:

  • Kunyit
  • Daun Sirih
  • Manjakani
  • Kayu Manis

Untuk keamanannya tidak perlu anda ragukan lagi karena sudah di lengkapi dengan Legalitas BPOM RI dengan No regis POM TR 193325571 dan Sertifikat Halal MUI.

SPESIAL HARI INI !!

BISA BAYAR DITEMPAT (COD)
100% TRANSAKSI AMAN

Tunggu apalagi ??? Yuk segera diorder dengan klik tombol dibawah ini :

klik order via whatsapp klik order via sms klik order via telegram
KLIK Chat/Order WA
1
Assalamualaikum, ada yang bisa dibantu?
Assalamualaikum, ada yang bisa dibantu?